10.12.2010

Pertemuan Tokoh Nasional JK: Masyarakat Mulai Kehilangan Kepercayaan kepada Pemerintah

Jakarta - Mantan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla berpendapat, masyarakat mulai kehilangan kepercayaan (trust) kepada pemerintah. Pemerintah harus mendapatkan kepercayaan masyarakat itu lagi.

"Saya melihat ada disparitas (kesenjangan) kehidupan yang cukup tinggi di negeri ini. Saya melihat masyarakat mulai kehilangan trust kepada pemerintah," kata pria yang akrab disapa JK ini.

Hal ini disampaikan JK saat menghadiri acara Silaturahmi Tokoh Nasional yang digagas PP Muhammadiyah di Gedung PP Muhammadiyah, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Jumat (8/10/2010).

JK mencontohkan kepercayaan begitu penting dalam suatu negara, seperti Thailand. "Kita tahu di Thailand setelah rezim Thaksin, masyarakat di sana mulai goyah, banyak terjadi kekacauan. Jatuhnya Thaksin karena masyarakat sudah tidak mulai percaya," papar JK.

Pria yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) ini mengatakan, pada umumnya di negara manapun terjadi permasalahan ketika negara kehilangan wibawa dan kontrol dari masyarakat. Masyarakat menjadi hidup bebas dan tidak terkendali.

"Saat ini terjadi hukum rimba di mana tindakan kriminal yang dilakukan bersama-sama dianggap sebagai sesuatu yang wajar," ujar pria berkacamata ini.

Menurut dia, solusinya adalah bagaimana pemerintah mendapatkan kepercayaan kembali masyarakat.

"Kalau pemerintah bisa mendapatkannya maka jalannya pemerintahan akan nyaman," kata JK.

Selain JK, para tokoh yang telah hadir di PP Muhammadiyah antara lain mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Ketua MPR Taufiq Kiemas, Wiranto, Sutrisno Bachir, dan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Dikisahkan kembali dari DetikNews

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...